Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hukumnya Sunnah Membaca 3 Doa Ini Menyambut Bulan Ramadan 1445 H

Hukumnya Sunnah Membaca 3 Doa Ini Menyambut Bulan Ramadan 1445 H

Bulan Ramadan 2024 atau Ramadan 1445 H sudah semakin dekat. Bagi umat Muslim, bulan ini sangat istimewa karena pahalanya dilipatgandakan. Meski pemerintah Indonesia belum menetapkan awal puasa 1 Ramadan 2024, diperkirakan bulan suci akan jatuh di minggu ke-2 bulan Maret 2024.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah resmi menetapkan 1 Ramadan 2024 atau awal puasa pada 11 Maret 2024. Meski ada perbedaan, tak ada salahnya untuk mempersiapkan segala hal menjelang bulan suci tahun ini, termasuk membaca doa menyambut Ramadan. Berikut beberapa doa menyambut Ramadan yang disunnahkan untuk dibaca menjelang bulan suci.


Doa yang diucapkan H-1 Ramadan 2024

Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir mengatakan, di antara doa ketika datang Ramadhan adalah sebagai berikut:

"Allahumma Sallimni Ila Ramadan wa Sallim li Ramadan wa Tasallamhu Minni Mutaqabbalan"

Artinya: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”


Doa melihat hilal bulan Ramadan

"Allahumma ahillahu 'alaina bil amni, wal imani, was salamati, wal islami. Rabbi wa rabbukallahu. Hilalu rusydin wa khairin."

Artinya: "Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah. Dan sungguh engkau adalah bulan yang baik dan telah memberi petunjuk kepada kami."


Doa yang dibaca saat sudah memasukin Ramadan

"Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī."

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”


Dengan demikian, diharapkan doa-doa bulan ramadhan tersebut dapat menjadi panduan bagi umat Muslim dalam menyambut bulan Ramadan yang penuh keberkahan. Semoga kita semua dapat memanfaatkan kesempatan istimewa ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan ibadah, dan memperbaiki diri. Semoga Ramadan tahun ini membawa berkah, kesehatan, dan kebahagiaan bagi kita semua. Aamiin.