Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Simpel Membuat CV di HP Tanpa Aplikasi

Cara Simpel Membuat CV di HP Tanpa Aplikasi

Pekerjaan adalah salah satu kebutuhan pokok bagi seseorang. Hal ini dikarenakan dengan pekerjaan, seseorang akan mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun tidak semua pekerjaan bisa didapatkan dengan mudah. Umumnya saat akan mencari pekerjaan, dibutuhkan CV agar bisa dipertimbangkan oleh perusahaan atau tempat kita melamar. Anda juga bisa membuat CV di HP tanpa aplikasi di zaman yang serba canggih ini.


CV atau curriculum vitae merupakan dokumen penting yang memberikan gambaran tentang kualifikasi dan pengalaman seseorang kepada calon pemberi kerja. CV memuat sebuah informasi mengenai profil pelamar, pengalaman kerja atau organisasi, riwayat pendidikan, hingga keterampilan yang dimiliki. Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, CV atau curriculum vitae pun bisa Anda buat dengan mudah melalui Smartphone yang Anda gunakan. 


Bagaimana Cara Membuat CV di Hp Tanpa Aplikasi?

Mayoritas masyarakat yang hendak membuat curriculum vitae di HP, akan mendownload aplikasi terlebih dahulu. Padahal, membuat CV di Hp juga bisa dilakukan tanpa perlu mengunduh aplikasi. Caranya pun relatif mudah dilakukan. Banyak web pembuat CV yang bisa langsung diakses melalui browser, tanpa perlu diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Meskipun menggunakan sebuah browser, untuk beberapa indonesia yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaannya pun sudah tercover secara lengkap. Sehingga, Anda bisa mendeskripsikan data diri yang Anda miliki, agar nanti bisa menarik minat HRD atau Si Penerima pekerjaan. Berikut ini lebih jelasnya cara membuat CV di Hp tanpa aplikasi!


1. Mengunjungi Web Pembuat CV

Untuk membuat CV, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi web pembuat CV gratis atau berbayar. Beberapa web pembuat CV gratis meliputi CakeResume, Canva CV, Novoresume, CV Maker, CoolfreeCV, VisualCV, Indeed, Venngage, EnhanCV, GetHired CV. Jika web pembuat CV gratis masih kurang memuaskan, maka Anda juga bisa menggunakan website berbayar meliputi Bikin CV, Zety, Resume.io dan ResumeGenius.


2. Memilih Template CV

Selanjutnya, langkah yang harus Anda lakukan adalah memilih template atau format CV yang sesuai dengan keinginan. Pilihlah format CV terbaik yang sesuai dengan selera Anda. Anda bisa memilih banyak format karena tersedia banyak template yang menarik.


3. Menulis Data Diri Secara Lengkap

Berikutnya Anda harus menulis data diri dengan lengkap supaya HRD atau atasan bisa dengan mudah membaca data diri Anda di dalam CV. Pastikan data diri tersebut sama seperti di kartu identitas seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir dan lain sebagainya. Untuk penulisan pada kolom data diri sendiri biasanya terletak di bawah atau di samping foto Anda yang ada dalam CV. Ketika menambahkan data diri, pastikan informasi yang Anda masukkan tidak ada yang salah supaya bisa mempersingkat waktu.


4. Menyertakan Informasi Pendidikan Secara Lengkap

Kemudian, jangan sampai Anda lupa untuk menambahkan informasi mengenai pendidikan yang Anda tempuh, secara lengkap pada CV yang Anda buat. Misalnya, semua jenjang pendidikan Anda harus ditambahkan, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah terakhir yang Anda tempuh beserta nama tiap sekolah.

Selain itu, tahun masuk dan juga tahun lulus pendidikan Anda, harus ditambahkan juga pada CV yang sedang Anda buat. Nah, jika Anda pernah mendapatkan sebuah prestasi semasa sekolah, maka jangan ragu untuk menambahkan informasi tersebut pada CV yang Anda buat.


5. Menambahkan Keterampilan Atau Sertifikasi Yang Dimiliki

Umumnya, setiap orang pasti memiliki sebuah keterampilan. Oleh karena itu, Anda juga harus menambahkan keterampilan yang Anda miliki pada CV. Apabila memiliki sebuah sertifikat, silahkan tambahkan supaya bisa mendapatkan peluang lebih besar diterima pada tempat yang Anda lamar. Hal ini bertujuan agar mendapatkan nilai tambah dari atasan, dan memiliki peluang lebih besar untuk diterima bekerja. Namun, apabila Anda tidak memilikinya, maka Anda tidak perlu mengisinya.


6. Menyertakan Informasi Pengalaman Anda

Anda juga bisa menambahkan informasi pengalaman kerja yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Sebuah perusahaan sendiri biasanya lebih memilih pelamar yang sudah memiliki pengalaman bekerja karena sudah berpengalaman. Namun jika Anda masih fresh graduate atau baru lulus sekolah, maka untuk opsi pengalaman ini bisa Anda kosongkan. 


7. Memeriksa Tata Bahasa Pada CV yang Dibuat

Berikutnya, setelah CV yang Anda buat sudah selesai, maka Anda pun harus memeriksanya kembali. Hal ini dilakukan, agar nantinya tidak ada kekurangan atau ada informasi yang belum ditambahkan. Selain itu tata bahasa yang Anda gunakan juga harus Anda periksa supaya CV tersebut bisa dengan mudah dibaca.


Kesimpulan

Untuk Anda yang ingin membuat CV di Hp tanpa aplikasi, silahkan ikuti langkah-langkah yang kami bagikan di atas hingga selesai. Cara yang kami bagikan di atas bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan ponsel yang Anda miliki masing-masing.