Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Mudah Membuat CV ATS di Word

Ketahui Cara Mudah Membuat CV ATS di Word

Curriculum vitae atau CV menjadi syarat utama pada saat Anda akan melamar sebuah pekerjaan. Pada dasarnya, ketika Anda sedang membuat sebuah CV, tidak hanya sekadar menyusun riwayat pendidikan, pengalaman, dan keahlian saja. Sebab, daftar riwayat hidup Anda, nantinya juga harus memenuhi standar format CV ATS friendly. Lalu bagaimana cara membuat CV ATS di Word?

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui, apa yang dimaksud dengan CV ATS di Word. Perlu Anda ketahui, jika CV ATS di word yang friendly bisa menjadikan Anda berpotensi lolos skrining pada seleksi administrasi. Pasalnya, di dalam sistem ATS, menyimpan data-data dan syarat untuk melakukan seleksi CV tersebut.


Apa itu CV ATS Friendly?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat CV ATS di Word, Anda harus mengerti apa itu CV ATS Friendly. ATS adalah aplikasi yang sering digunakan HRD perusahaan saat melakukan perekrutan karyawan. ATS atau ‍Applicant Tracking System merupakan sebuah software untuk menyimpan CV para pencari kerja. Untuk cara kerjanya sendiri adalah melakukan scanning terhadap CV-CV yang masuk di HRD. 

Sedangkan CV ATS Friendly merupakan format curriculum vitae yang benar, baik dan bisa dilacak oleh aplikasi ATS (Applicant Tracking System). Biasanya HRD akan menggunakan alat ini untuk mempermudah dan mempercepat proses rekrutmen. Selain itu, pembacaan ATS didasarkan pada kata kunci tertentu, sehingga cara membuat CV ATS friendly akan sangat berpengaruh pada hasil CV Anda.


Cara Membuat CV ATS di Word yang Friendly

Setelah memahami apa itu CV ATS Friendly maka selanjutnya adalah membuat CV ATS di Word. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah dalam membuat CV ATS di Word Friendly dengan mudah, antara lain adalah:


1. Menggunakan Desain Yang Sederhana  

Sebenarnya, saat membuat CV ATS di Word yang perlu Anda lakukan adalah membuat CV di Microsoft Word dengan menggunakan desain yang sederhana. Karena, sistem ATS hanya membaca data yang diterima dengan desain yang sederhana dan tidak berantakan. Oleh karena itu, fokus pada resume, pengalaman, dan keterampilan Anda, agar terlihat tetap sederhana.

Sebaiknya, gunakan format kiri-ke-kanan, atas-ke-bawah yang benar. Jadi cari template dari kiri atas. Selain itu, pastikan urutannya sesuai dengan yang Anda inginkan. Mulai dengan pengenalan diri dan diakhiri dengan keterampilan serta pengalaman lainnya.


2. Menggunakan Kata Kunci yang Berhubungan dengan Pekerjaan Yang Dilamar

Langkah berikutnya dalam membuat CV ATS Friendly adalah menerapkan kata kunci. Pada Sistem di software ATS berguna untuk menyaring informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Jadi, tulis kata kunci yang terkait dengan posisi yang Anda lamar. Pada saat Anda menemukan pekerjaan di portal pekerjaan, tuliskan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Jangan membuat kesalahan ketik saat membuat resume Anda.


3. Menghindari Grafik, Simbol, dan Hiasan Lainnya

Pada saat Anda membuat CV ATS Friendly, Anda perlu menghindari gambar, grafik, ikon, kotak teks atau kotak teks, dan font yang kurang umum. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan font umum yang digunakan untuk membuat resume dan pastikan juga tidak terlalu kecil.

Nantinya, Anda juga dapat menambahkan judul dan sub judul, yang sesuai dengan keinginan Anda . Misalnya, Pengenalan diri, keterampilan, riwayat kerja, dll. Tujuannya adalah agar nantinya sistem ATS bisa memproses informasi Anda secara akurat dan tepat.


4. Menggunakan Titik dan Angka

Poin dan angka sudah menjadi hal yang lumrah saat membuat resume atau CV. Jadi, biasakan untuk menggunakan poin-poin dan angka-angka untuk menggambarkan pengalaman kerja Anda atau menjelaskan sesuatu yang lain. Format ini lebih mudah untuk dibedakan dan dijelaskan daripada menggunakan format paragraf demi paragraf. Ingatlah untuk menggunakan bentuk standar seperti bulat atau persegi.


5. Hanya Satu Posisi, Untuk Satu Perusahaan

Jika Anda ingin melamar suatu pekerjaan, silakan ajukan tawaran pekerjaan ke perusahaan tersebut. Jangan meletakkan resume atau CV untuk jabatan pekerjaan yang berbeda di satu tempat. Hal ini karena berimbas tidak baik pada sistem ATS. 

Beberapa orang memang memiliki kemungkinan untuk lulus pemeriksaan sistem, tetapi resume yang baik akan lebih dilirik dan dibaca oleh HRD atau perekrut. Karena para HRD kemungkinan akan menggunakan sistem ATS tersebut, maka jika Anda melamar pada posisi yang berbeda akan terlihat seperti Anda tidak fokus pada posisi tersebut.


6. Menggunakan Format File yang Benar

Setelah membuat CV, maka saatnya untuk menyimpan file CV yang dibuat. Tipe file CV ATS Friendly yang benar ialah PDF atau docx. Untuk itu, jangan simpan menggunakan format JPEG/JPG atau PNG. Ini karena sistem ATS tidak bisa membaca format foto. Yang paling cocok ialah menggunakan format docx karena format dapat diuraikan secara akurat oleh sistem.


Kesimpulan

Itulah cara membuat CV ATS di Word yang Friendly dengan mudah dan bisa diaplikasikan siapa saja. Jangan lupa untuk mengikuti cara di atas agar CV Anda terbaca pada sistem ATS. Sehingga kemungkinan besar diterima lebih besar.