Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanggapan Tentang Kritik Gubernur Terbodoh Untuk John Kitzhaber

Gubernur Terbodoh

Matauli.com - Reaksi terhadap pengunduran Gubernur Oregon Kitzhaber tuh bervariasi banget. Mayoritas pemimpin politik di negara bagian itu seneng dia mundur, tapi penegak hukum masih selidiki konflik kepentingan antara pacarnya, Hayes, yang jadi penasihat gubernur dan kontrak konsultannya.

Si Gubernur John Kitzhaber dari Oregon mundur gara-gara dituduh mainan pengaruh sama tunangannya. Skandalnya bikin penyelidikan korupsi kriminal dan bikin rekan-rekan Demokrat kritik keras, yang tadinya sahabat deket malah ikut nyebut dia sebagai Gubernur Terbodoh. Kitzhaber bilang dia mundur pas Sekretaris Negara Kate Brown ambil alih, jadi Oregon bakal jadi negara bagian pertama dengan gubernur yang terang-terangan biseksual.

"Dalem hati, gue ngerasa jadi beban buat institusi dan kebijakan yang udah gue perjuangin selama karier gue, bahkan sepanjang dewasa gue," gitu kata Kitzhaber pas dia umumin resign. Dia bantah semua tuduhan.

Kan dia dipilih buat periode keempatnya, yang belum pernah terjadi sebelumnya, bulan November lalu setelah dia jadi politisi lebih dari tiga dekade. Tapi dia diteror terus sama tuduhan kalo pacarnya, Cylvia Hayes, manfaatin posisinya buat kepentingan pribadi.

Tuduhan itu makin gede minggu lalu, abis berita bilang kalo Hayes dapet $118.000 buat jadi konsultan dari Clean Economy Development Center di Washington pada 2011 dan 2012, tapi ini ga dicatat di laporan keuangan. Kitzhaber bilang ke pacarnya kalo itu ga bakal jadi masalah konflik kepentingan, jadi dia ga laporkan.

Abis itu, Kitzhaber janji kalo Hayes ga akan lagi terlibat di kebijakan kantornya. Tapi tekanan buat dia resign semakin gede dari politisi dan surat kabar Oregonian yang dulu support dia pas pemilihan tahun lalu. Speaker Dewan Perwakilan Tina Kotek sama Presiden Senat Peter Courtney, keduanya dari Partai Demokrat, ngobrol sama Kitzhaber hari Kamis trus dorong dia buat mundur.

Respon buat pengunduran dirinya? Jaksa Agung Oregon, Ellen Rosenblum, bilang kalo resignnya ga akan ganggu penyelidikan korupsi kriminal soal konflik kepentingan antara Hayes yang jadi penasihat gubernur tapi ga digaji dan kontrak konsultanannya. Kitzhaber bilang dia bakal terus kooperatif sama penyelidikan.

Beberapa jam setelah dia umumin resign, jaksa agung AS buat Oregon perintah cari bukti yang bisa terkait sama konflik kepentingan Kitzhaber, kantornya, Hayes, sama lebih dari sebelas pejabat dan lembaga negara.

Mayoritas pemimpin politik di negara bagian seneng dia resign. Senator AS Ron Wyden dari Oregon, yang dari Partai Demokrat, bilang ini bakal bantu Oregon fokus ke urusan mereka tanpa diganggu sama "penyelidikan, tuduhan, dan balasan-tuduhan."

Pemimpin Republik Dewan Perwakilan Oregon, Mike McLane, ngomong, "Gue ga hepi banget soal resignnya John Kitzhaber tapi ngerti sama keputusannya."

Kate Brown, yang ambil alih, bilang ini hari yang sedih buat Oregon tapi juga ngomong, "Ada banyak kerjaan yang harus diselesain dari sekarang sampe Rabu."

Kitzhaber, dokter gawat darurat yang dulunya juga jadi anggota dua dewan legislatif negara bagian, ngasih tau kalo skandal ini bikin dia kacau tapi dia juga tetep keras soal politik yang ada di sekitarnya.

"Gue kesel banget ngebayangin kita udah sampe titiknya dalam sejarah negara bagian kita yang gede ini, di mana orang bisa dituduh, diadili, dihukum sama media tanpa proses hukum yang bener dan tanpa bukti yang independen soal tuduhan-tuduhan itu," katanya.

"Tapi yang lebih bikin gue kesel lagi, secara pribadi sebagai orang yang udah 35 tahun kerja buat Oregon, ada banyak orang yang dulu deket sama gue yang cuma nurut sama penilaian tanpa liat bukti yang kuat," tambahnya.

Brown, yang udah bicara terbuka soal biseksualitasnya, tinggal sama suaminya di Portland. Dia pertama kali jadi anggota Dewan Perwakilan Negara bagian tahun 1991, dan tahun 2004 jadi wanita pertama yang jadi pemimpin mayoritas Senat, gitu kata profil negara bagian.

Jadi ya, si Gubernur Oregon, John Kitzhaber, digebukin sama tuduhan mainan pengaruh sama pacarnya, Cylvia Hayes. Akhirnya, dia resign, ngerasa jadi beban buat institusi dan kebijakan yang udah dia jaga selama ini. Meski dia bantah semua, tuduhan kalo Hayes manfaatin jabatannya buat keuntungan pribadi makin gede setelah berita soal konsultan yang ga diungkapkan dulu.

Kita bisa liat kaya gimana isu etika sama konflik kepentingan bisa goyahin panggung politik, bahkan buat figur yang udah lama diakui di dunia politik. Transparansi dan keterbukaan di pemerintahan tuh penting banget buat bangun kepercayaan publik. Dan keputusan Kitzhaber buat resign nunjukin betapa pentingnya bertanggung jawab di jabatan publik.

Ini jelas nyadarin pentingnya transparansi dan etika di politik supaya terhindar dari cap sebagai Gubernur Terbodoh. Jelasin gimana konflik kepentingan bisa gangguin kinerja gubernur dan reputasinya. Kitzhaber, yang udah lama di dunia politik, akhirnya harus resign gara-gara tekanan dari tuduhan-tuduhan yang ga terbukti. Tapi yang bikin gregetan, banyak yang nurut aja tanpa liat bukti yang kuat.

Ini juga nyindir gimana proses hukum dan media bisa berdampak besar di keputusan politik. Kitzhaber sendiri kesel banget liat gimana orang bisa dihakimi tanpa proses yang bener dan bukti yang jelas. Jelasin juga gimana keputusan resignnya nunjukin tanggung jawabnya sebagai pejabat publik, meski dia bantah semua tuduhan.

Kate Brown yang gantiin dia juga udah punya karier yang cukup keren. Udah lama di politik, dia ngambil peran penting dan sekarang harus hadepin banyak pekerjaan yang harus diselesain setelah dia ambil alih. Jadi, intinya, kejadian ini bukan cuma soal satu orang, tapi juga soal sistem, proses, dan bagaimana politik itu berjalan.