Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Universitas Jambi: Profil, Sejarah, dan Daftar Fakultas

Logo Universitas Jambi png
Lambang Universitas Negeri Jambi

Profil Universitas Jambi

Universitas Jambi atau UNJA, atau dulu namanya UNT, punya sejarah yang keren nih! Ceritanya dimulai dari Universitas Negeri Telanaipura (UNT) yang lahir pada 1963 dengan empat fakultas: Ekonomi, Hukum, Pertanian, dan Peternakan. Tanggal 1 April jadi tanggal spesial, karena saat itu UNT resmi berdiri. Waktu berubah jadi Universitas Jambi (UNJA), tanggal Dies Natalis-nya tetep dipertahankan.

  • Alamat: Jl. Jambi – Muara Bulian KM. 15, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Telepon :  0741-583122
  • Email : humas@unja.ac.id


Sejarah Universitas Jambi

Asal-usulnya, UNJA bukan berasal dari nol, lho! Sebelumnya, ada Akademi Perniagaan Djambi yang jadi universitas swasta di tahun 1960. Akademi ini akhirnya jadi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia. Semangat dari dua fakultas itu bikin masyarakat dan pemerintah Jambi ingin bikin perguruan tinggi di Jambi.

Nah, terus ada keputusan penting dari Menteri PTIP tahun 1962 buat bentuk Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Telanaipura (UNT). Pas resmi didirikan tahun 1963, UNT punya empat fakultas lagi: Ekonomi, Hukum, Pertanian, dan Peternakan. Baru tahun 1982, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) buka berdasarkan Keputusan Presiden. Lalu, tahun 2014, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) lahir berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekarang, UNJA punya delapan fakultas dan satu Program Pascasarjana (PPs). Mereka ngasih 92 program studi, termasuk yang akademik, vokasi, dan profesi. Mulai dari sarjana, magister, sampe doktor ada di sini. Jumlah program studi ini naik drastis sejak kepemimpinan Prof. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc., Ph.D., sebagai Rektor UNJA dari 2012 sampe 2016.

Tambahnya program studi ini dimulai dari tugas Menteri Pendidikan Kebudayaan ke Rektor UNJA buat buka Fakultas Teknik. Akhirnya, dari saran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, UNJA buka Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Kedua fakultas itu punya dua program studi tiap fakultasnya. Nah, buat ngejalain program studi baru ini, UNJA dapet tugas dari pemerintah buat ngadain berbagai program sarjana, magister, dan doktor.

Jadi, sejarah UNJA ini bener-bener menarik banget. Dari awalnya punya empat fakultas sampe sekarang dengan delapan fakultas dan banyak banget program studi keren. Semua ini bikin UNJA jadi universitas yang kece buat belajar dan berkembang di berbagai bidang ilmu!


Daftar Fakultas di Universitas Jambi

Ngomongin Universitas Jambi, itu satu-satunya universitas negeri di Jambi lho. Dan tau nggak? Kampus ini jadi salah satu kampus terbaik di Jambi. Mereka punya banyak program studi dari banyak fakultas yang oke punya. Beberapa fakultas tersebut adalah:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  • Fakultas Hukum (FH)
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKK)
  • Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
  • Pascasarjana (PAS)
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA)
  • Fakultas Peternakan (FAPET)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Akreditasi Program Studi di Universitas Jambi