Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Install Ulang WhatsApp Agar Tidak Keluar Grup WA

Tutorial Install Ulang WhatsApp Agar Tidak Keluar Grup WA

Memiliki akun WhatsApp atau WA menjadi keniscayaan di masa sekarang ini. Mulai yang muda hingga yang tua, semua kita pasti memiliki akun WhatsApp. Dibalik itu, ada kepastian yang lain yaitu setiap kita pasti pernah melakukan penggantian nomor atau install ulang aplikasi WhatsApp atau WA.

Masalahnya sekarang adalah saat berhasil mengganti nomor atau install ulang WA atau WhatsApp maka secara otomatis kita tidak lagi menjadi anggota suatu grup WhatsApp. Misalnya grup kelas, grup kerja kelompok, atau grup kantor, serta yang lainnya.

Nah kesempatan kali ini, kita akan mengulas bagaimana cara install ulang WhatsApp agar tidak keluar grup alias tetap menjadi aggota grup WhatsApp. Yuk lanjut...


Beberapa Alasan Kenapa Install Ulang Aplikasi WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi yang berbasis pesan teks, telepon, dan video call yang memungkinkan kita sebagai penggunanya terhubung dengan pengguna lainnya yang memiliki akun WhatsApp. Menginstall ulang aplikasi WhatsApp dapat terjadi dengan beberapa alasan sebagai berikut:

1. Kegagalan Sistem Aplikasi

Kegagalan sistem aplikasi yang dimaksud bisa saja dialami oleh perangkat atau juga aplikasi. Sebabnya biasanya proses download atau install pada perangkat tidak berhasil sepenuhnya yang mengakibatkan aplikasi tidak berjalan secara optimal yang ditandai dengan gagal berjalannya beberapa fitur WhatsApp. Untuk itu perlu dilakukan uninstall atau hapus aplikasi, lalu melakukan install ulang dengan memperhatikan kondisi penyimpanan dan jaringan internet yang baik.

2. Ganti Perangkat atau Ganti HP

Alasan berikutnya adalah kita melakukan penggantian perangkat. Mungkin karena sudah bosan dengan HP lama lalu membeli HP baru, atau kondisi lain yang memaksa kita mengganti perangkat telepon. Misalnya rusak, upgrade ke tipe yang lebih tinggi, dan lain sebagainya.


Cara Install Ulang WhatsApp Agar Tidak Keluar Grup

Cara install ulang aplikasi apapun termasuk WhatsApp perlu diperhatikan mengingat setiap aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya akan meninggalkan sampah atau bagian-bagian sisa aplikasi yang masih tersimpan di dalam perangkat. Hal ini bisa terjadi karena pengaturan secara default masing-masing aplikasi atau juga pengaturan custom atau konfigurasi aplikasi yang dilakukan oleh pengguna itu sendiri.

Sebelum mengulas kepada inti cara menginstall ulang WhatsApp agar tidak keluar grup atau tetap berada dalam aplikasi, perlu dipastikan bahwa kamu sebelumnya telah menyimpan backup data aplikasi WhatsApp ke dalam perangkat. Data file backup WhatsApp ini biasanya bernama msgstore.db.crypt.12. Ukuran file ini tergantung seberapa banyak data pesan, gambar, video, termasuk grup, dan lainnya yang tersimpan dalam riwayat aplikasi WhatsApp kamu sebelumnya.

Selanjutnya mari kita langsung ke tutorialnya. Install Ulang WhatsApp Agar Tidak Keluar Grup:

  1. Cari file msgstore.db.crypt.12 di file penyimpanan perangkat. Biasanya berada di dalam folder WhatsApp > Database. Lihat file yang paling terbaru tanggal creatednya, sebab itu adalah backup data termasuk backup grup.
  2. Copy file tersebut ke folder lainnya. Setelah itu lakukan proses download dan install aplikasi WhatsApp seperti biasa hingga proses pengiriman dan input kode OTP WhatsApp.
  3. Setelah berhasil install, ketika buka aplikasi WhatsApp, lalu biarkan aplikasi mencari data backup. Jika tidak ditemukan, lakukan pencarian data backup secara manual, lalu pilih file yang sudah kamu siapkan tadi.
  4. Terakhir, setelah dipilih, biarkan WhatsApp melakukan singkronisasi yang biasanya memerlukan waktu 5 sampai 20 menit tergantung besarnya file backup tadi. Dan lihat setelah selesai kamu akan melihat semua riwayat aplikasi termasuk chat, grup, dokumen, gambar, dan video akan muncul seolah-olah tidak terjadi perubahan apapun setelah kamu melakukan install ulang.


Kesimpulan

Nah itu tadi cara install ulang WhatsApp tanpa keluar dari grup. Perlu diingat bahwa kuncinya adalah kamu harus memiliki file backup dulu agar proses singkronisasi berjalan baik. Namun jika kamu tidak memiliki file backup WhatsApp, kamu tidak akan bisa mengembalikan riwayat chat, dokumen, gambar, video, bahkan grup WhatsApp.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan pernah lengah di tengah digitalisasi seperti sekarang. Install ulang WhatsApp tanpa merubah riwayat aplikasi penting untuk membangun jaringan komunitas digital apakah itu untuk kepentingan usaha, belajar, jaringan bisnis, maupun organisasi waralaba. Perhatikan dan jangan lengah terhadap file-file digital di dalam perangkatmu ya.